Ayam Kremes

Lantip dan Afif lagikangen kremesannya ayam di Ny. Suharti atau  Mbo Berek. Brhuubf rumah makan ayam Suharti berada di Surabaya, akhirnya dia merengek ke simboknya ini untuk bikin sendiri. Hedeeew aku belum bisa bikin kremesannya. Dulu sempat praktek dan gagal. Nah karena gagal inilah rasa malasku untuk mengulangi praktek muncul. (Dalam hatiku sellu terucap percuma susah2 buang gas dan bahanyang tak sedikit, lebih baik beli kalau pas punya uang).

Ehh ladalah kok ya Lantip merengek nagih janji terus buat beli kremesannya saja. La opo ya, harus dibelain naik motor ke Surabaya yang perjalanannya kira-kira butuh waktu 1 jam di bawah cuaca mendung apalagi nanti kalau huja.
Berhubung imu kepepet sudah mendekati dalam jiwa. Mau nggak mau harus kuatkan tekad dan kemauan untuk mengulangi praktek kremesan lagi.Diawali dengan Bismillah, mulai browsing-browsing resep di internet dengan Lantip. Berhubung masih suasana liburan jadi masih ha..ha..hi..hi ..dengan anak-anak. Hati gembira semua dalam keadaan sehat apalagi selepas jalan2 dengan bapaknya anak-anake  Bogor. ::D

Karena Lantip sudah kepengin buanget dan ada waktu luang, (luang nggak luang harus diluangkan dong buat anak-anak : D).
Ayam sudah terbeli tingggal dibumbu ungkep saja

Bahan:
3/4 kg ayam  negeri
Bumbu:
7 bawang merah
4 bawang putih
3 butir kemiri
2 cm kunyit
1 1/2 sendok teh ketumbar
Semua bahan dihaluskan.
4 kembar daun jeruk
lengkuas secukupnya
2 lembar daun salam
1 batng serai
garam secukupnya
air secukupnya kira-kira bisa membuat ayamnya tercelup air semua.(kurang lebih 750 ml)

Bahan kremesan:
sisa bumbu ungkepan
air 150 ml
3 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung kanji


Cara mebuat:
Ungkep ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan dengan daun salam,serai,daun jeruk, lengkuas.
Tunggu hingga air agak kering atau sad. Angkat ayam. Dan goreng ayam hingga kuning kecoklatan.
Sisa bumbu ungkepan jangan dibuang tambahkan tepung beras, tepung kanji dan air. Diaduk sampai tercamur rata. Tes dengan sendok dengan menuangkan dari atas ke bawah hingga bunyi krucuk-krucuk.(jadi cair gitu)
Panaskan minyak goreng tunggu hingga panas, tuangkan adonan kremesan dengan jarak yang agak jauh. Hingga bunyi sreng. Tunggu samapai kuning kecoklatan. aduk sebentar lalu angkat.
Saat memasak kremesan ini harus menggunakan minyak goreng yag agak banyak dan sudah panas serta digoreng dengan api sedang.

Pada saat penggorengan pertama aku gagal, karena erlaludekat menuangkannya jadi mlah seperti peyek dan tidka bersarang . Gorengan kedua gosong karena disami-sambimenyapu.baru gorengan ketiga berhasil. alhamdulillah.Dan Lantp afif pun suka cemal cemil terus.

kremesan




No comments:

Post a Comment