Bolu Kukus Isi Selai

Hampir seminggu tangan ini tak menyentuh laptop, hanya tengok-tengok FB sebentar lewat HP. Seminggu ini fokus sama Ojob yang lagi "gering" Alias sakit. Maksud hati si Ojob cuti untuk dampingi belajar anak Mbarep malah kondisi tubuh drop sampai di Sidoarjo. Mungkin kondisi drop karena kecapekan PP Jkt-Sby setiap weekend dan dinas Luar kota yang tak henti.
Akhirnya si tubuh Ojob butuh istirahat. Mesin aja butuh urun mesi mosok tubuh nggak heheheh. Alhamdulillah hari ini sudah baikan.

Karena kondisi Ojob sudah bisa senyum dan bisa bantuin urusan rumah tangga, lumayanlah hari ini bisa selonjoran sluku-sluku bathok sambil ngisi blog. (la apa hubungannya ya). Kan kalau mau nya tinggal nulis saja, nggak ada alasan apa pun dasar aku yang super malas hanya mengedepankan molor di kasur .

Hadew mau nulis resep saja kok introne ngalor - ngidul yang nggak ada hubungannya sama makanan. maafkan  pemirsa.

Mari kita bahas si bolu kukus ini aja. Bolu kukus kue yang gampang-gampang susah bikinnya. Kadang bisa ngakak bahagia kadang mingkem njaprut tak merekah sempurna. Beberapa kali praktek ada yang berhasil kadang mingkem. padahal saat bikin bolu kukus gula merah bisa merekah sempurna dan saat praktik bolu kukus ala Ny. Liem juga bisa erekah sempurna. Entah kali ini beberapa malah ingkem sempurna hiks.
Tapi aku nggak boleh menyerah lain kali mau praktek dan harus bisa menaklukkannya.

Entah kenapa kutukan bolu kukus ini bisa terjadi padahal aku sudah melalui step by stepnya sesuai dengan yang ditulis di tabloid Koki. dari tutup panci aku alas serbet agar air tak mmetes, juga menggunakan api besar sudah aku lakukan . Ladalah kok yo masih setengah gundul. aku juga sudah menaruh adonan sampai penuh di cup kertas.belum tahu kesalahan ada di mana.lain kali aku mau coba sekali lagi. Adonannya juga sudah berjejak. kenapa oh kenapa kamu tetep njaprut nggak mau merekah ?
 

Ada 2-4 cup yang bisa merekah menjadi 4 tapi yang lainnya gundul.Haiiis...







Bolu kukusku sebagian kurang ngakak
 Bahan Bolu kukus isi selai strawberry:
~ 275 gram tepung terigu protin sedang
~225 gram gula pasir (aku pakai 200 gram)
~3 butir telur ayam
~ 100 ml susu cair
~125 fanta merah
~ 2 sendok teh SP
~ Esens Strawerry secukupnya (aku skip)
~ pewarna merahmuda secukupnya
~100 gram Selai strawberry

Cara membuat :
Adonan
 ~Campur terigu,gula pasir, susu cair,fanta,SP .Kocok dengan mikser berkecepatan paling tinggi sampai adonan kental berjejak.
~ Bagi adonan jadi 2 bagian.beri sebagian dengan pewarna merah lalu diaduk sampai tercampur rata.

Adonan diberi pewarna merah

~ Taruh papaer cup di dalam cetakan bolu kukus, lalu isi adonan warna putih sepertiga bagian. Isi dengan selai lalu tutup kembali dengan adonan merah.



~ Panaskan dandang tunggu samapi mendidih dan uapnya banyak. Masukkan adonan. Kukus kurang lebih 15-20 menit.Sampai matang. Angkat dan keluarkan cetakan. Sajikan

Terinspirasi dari dagangannya Bunda Haifa yang memakai coretan selai dibagian belahan bolu kukus, maka punyaku hari ini juga aku hias seperti itu. Keannya seperti lava yang meleleh hehehehe...

Bolu kukus isi selai strawberry yang nggak mau ngakak




No comments:

Post a Comment